oleh

Sebelum Praktik Klinik Kebidanan Fisiologi, Mahasiswi Poltekkes Mamuju Jalani Rapid Test

MAMUJU, LINES.id – Di era adaptasi kebiasaan baru, pencapaian kompetensi mahasiswa melalui praktik klinik kebidanan mulai dilaksanakan. Di awali dengan praktik klinik kebidanan fisiologi bagi mahasiswa semester V Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju.

Dalam kegiatan pelepasan peserta Praktik Klinik, Ketua Jurusan Kebidanan dr Ahmady MKes melaporkan kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju H Andi Salim SKM MKes bahwa pelaksanaan praktik telah dipersiapkan dengan maksimal.

Yakni dengan memastikan ketersediaan lahan praktik untuk menerima mahasiswa praktik dan mendapat izin rekomendasi praktik oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mamuju.




Baca juga: Ombudsman Sulbar Apresiasi Sikap Kooperatif Sekwan Mamuju Tengah

Baca juga: Kapuspen Kemendagri Instruksikan Daerah Laksanakan Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

 

Mahasiswa telah melalui rangkaian persiapan praktik yakni pembekalan praktik di laboratorium untuk mereview kembali praktik yang telah diberikan selama perkuliahan Daring maupun Luring.

Mahasiswa menjalani rapid test
Poltekkes Mamuju
Mahasiswa menjalani rapid test sebelum praktik klinik kebidananan.

Selain itu, untuk memastikan kondisi fisik mahasiswa, maka dilakukan pemeriksaan rapid test Covid-19 bekerjasama dengan laboratorium Kimia Farma Mamuju. Berdasarkan hasil rapid test, seluruh peserta praktik menunjukkan hasil non reaktif.

Tidak hanya itu, selama praktik, mahasiswa dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap (Level 3), Masker medis, Handscoen dan Handsanitizer yang diserahkan secara simbolis oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mamuju.




Baca juga: Stadium Generale Maba Fakultas Farmasi UMI Angkat “Eksistensi Farmasi Era Pandemi”

Baca juga: Hadapi Wabah, Jangan Sombong dan Jangan Meremehkan

 

H Andi Salim juga memberikan arahan agar mahasiswa dapat menjaga kondisi fisik dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan bila perlu mengkonsumsi suplementasi, dan tentunya selalu menggunakan masker.

Praktik klinik kebidanan fisiologi dilaksanakan selama 8 minggu  di 6 Puskesmas di Kabupaten Mamuju yaitu Puskesmas Tapalang, Puskesmas Botteng, Puskesmas Bambu, Puskesmas Beru-beru, Puskesmas Topore dan Puskesmas Tarailu. (Fitri Cicilia/Lines)

Komentar

News Feed