oleh

Pandemi Covid-19, SMPN 4 Palu Terapkan Model Pembelajaran Daring dan Luring

PALU, LINES.id – Model Pembelajaran yang diterapkan oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Palu ada dua yaitu dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring) selama masa pandemi ini.

Diterapkanya dua model pembelajaran ini sebab adanya kesepakatan antara orang tua dan pihak sekolah. Dalam dua model pembelajaran ini sebagian orang tua lebih memilih Luring dari pada Daring.

SMPN 4 Palu
Wakil Kepala SMP Negeri 4 Palu Sulhan SPd MPd.

Wakil Kepala SMPN 4 Palu Bidang Kurikulum, Sulhan SPd MPd mengatakan bahwa setelah ditelusuri salah satu yang menjadi faktor orang tua lebih memilih Luring ialah ketidakmampuanya orang tua untuk menyiapkan data internet.




Baca juga: Soal dan Jawaban TVRI Kelas 1-3 SD 10 September 2020, Materi Tanda Sama Dengan, Bilangan Genap dan Ganjil, Bilangan yang Hilang

Baca juga: DMN Sakoda SPN DIY: Pramuka Itu tidak Menyeramkan tapi Menyenangkan

 

“Tidak bisa dipungkiri setelah kami telusuri yang menjadi kendala orang tua lebih memilih Luring karena orang tua ada yang belum bisa membelikan paket data internet. Dan sebagian orang tua ada yang gagap teknologi (Gaptek). Jadi kami fasilitasi semua baik Daring maupun Luring,” ujarnya, Kamis (10/9/2020).

Teknis pembelajaran Luring

Dalam model pembelajaran Luring di SMPN 4 palu, sekolah akan memberikan tugas, dalam satu minggu ada 5 mata pelajaran. “Jadi nantinya dalam seminggu sekali siswa atau orang tua akan menjemput sekaligus mengantarkan tugasnya,” ujarnya.

Sementara itu Sulhan dan Dewan Guru akan melakukan persiapan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka di SMPN 4 Palu. “Jadi nanti kelompok siswa akan dibagi menjadi dua yaitu minggu pertama dan minggu kedua. Jadi porsi guru mengajar dalam satu minggu itu sama meskipun materi nantinya tidak akan tuntas 100 persen,” ujarnya.




Baca juga: Kepala Ombudsman RI Sulbar: Waspada Oknum yang Mengaku Tim Investigator Ombudsman RI

Baca juga: Kadis Ketenagakerjaan Kabupaten Pangkep Resmi Tutup Pelatihan Operator Komputer LPK Generasi Andalan

 

SMPN 4 Palu
SMP Negeri 4 Palu

Sulhan juga menjelaskan bahwa nantinya seluruh siswa SMPN 4 Palu akan bisa melaksanakan pembelajaran secara tatap muka selama sekolah memenuhi syarat dalam protokol kesehatan.

Sulhan menuturkan bahwa di masa pandemi ini ada dua dampak positif dan negatif bagi SMPN 4 Palu.

“Kalau negatif itu banyak misal kalau sebelum adanya pandemi guru-guru itu sangat disiplin sekali untuk datang ke sekolah namun semenjak adanya pandemi ini yang biasanya datang jam 7 pagi sekarang ada yang datang jam 8 pagi sebab tidak adanya aktivitas. Sebaliknya dampak positifnya adalah dengan adanya sistem Luring ini guru-guru sangat disiplin sekali dalam mengoreksi tugas siswa. Sebab itu merupakan salah satu tuntutan untuk para guru. Dan yang kedua dengan adanya pandemi ini kita sadar untuk selalu disiplin dalam kebersihan,” paparnya.

Saat ini SMPN 4 Palu menampung kurang lebih 900 siswa, dan memiliki 65 guru dan 20 pegawai. Sekolah ini berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto No 06 Palu.

Komentar

News Feed