oleh

IDMETAFORA Kenalkan Sistem ERP dalam Bisnis Perusahaan

SLEMAN, LINES.id – IDMETAFORA (PT Metafora Indonesia Teknologi) adalah perusahaan IT solution yang bergerak di bidang jasa pembuatan website, sistem informasi berbasis web, dan sistem informasi berbasis Internet of Things. Perusahaan yang berkantor di Jalan Kranji no 73, Palagan, Sleman, DI Yogyakarta ini sudah berdiri sejak April 2014.

Direktur Utama IDMETAFORA M Abdurrohman Alhafidz berkesempatan menjadi bintang tamu dalam program Startup Clinic yang disiarkan langsung di RBTV, Rabu (19/8/2020).

Dalam program tersebut, ia memperkenalkan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) yang dapat diterapkan dalam dunia bisnis khususnya perusahaan publik.

Di mana perusahaan-perusahaan yang sudah menjadi perusahaan publik, penting sekali pengelolaan yang baik dan tersistem sehingga membawa bisnisnya ke tahap sustainable dan scalable.




Baca juga: Tak Sekedar Menabung, Kenali Fitur Canggih Senyumku

Baca juga: Kerjsama dengan Google, Amar Bank Luncurkan Produk Senyumku

 

Hafidz mengatakan, biasanya perusahaan-perusahaan yang memiliki lebih dari 10 divisi akan mulai mengalami kesulitan mengelola data-data setiap divisinya jika masih dilakukan secara manual. “Disaat seperti inilah perusahaan sangat membutuhkan implementasi sistem ERP di perusahaan tersebut,” paparnya.

Dipandu presenter Putri Maharani, Hafidz menjelaskan bahwa Enterprise Resources Planning (ERP) adalah sistem informasi manajemen perusahaan yang terintegrasi untuk membantu pengelolaan data semua divisi yang ada di perusahaan.

Hafidz mencontohkan case dari project yang dikerjakan IDMETAFORA untuk membantu kliennya yakni perusahaan di bidang importir alat kesehatan.

Contoh implementasi ERP

“Ada klien yang kami bantu jasa pembuatan sistem ERP-nya, mereka mengintegrasikan sistem dari sistem pembelian barang. ERP mengelola data pembelian dan bisa memberikan rekomendasi jumlah order berdasarkan data transaksi penjualan suatu barang. ERP juga memberikan rekomendasi harga terbaik berdasarkan data transaksi sebelumnya dalam modul pembelian tersebut,” terangnya.




Baca juga: Belajar dari Rumah TVRI 22 Agustus 2020, Warisan Budaya Takbenda

Baca juga: WR I UMI Bocorkan Strategi Capai Posisi ke 64 Klasterisasi Perguruan Tinggi Nasional

 

Hafidz melanjutkan, setelah modul pembelian maka berlanjut ke modul warehouse. Di mana ERP membantu mengelola manajemen stock, manajemen lokasi produk hingga melayani permintaan barang agar terkelola dengan baik.

“Lalu setiap cabang toko, mereka mengimplementasikan modul penjualan untuk mengelola data transaksi penjualan langsung ke customer,” kata Hafidz.

Disisi lain, sistem ERP dalam waktu yang bersamaan dapat membantu tim finance dan accounting untuk mengelola cashflow keuangan hingga menjadi laporan keuangan dengan standar PSAK.

“Terdapat juga sistem legal mengelola data legalitas perusahaan, sistem pajak untuk mengelola pajak perusahaan. Sistem audit untuk melihat setiap laporan dari masing-masing divisi jika terdapat selisih produk atau penerimaan barang yang tidak sesuai dengan yang dipesan. Hingga modul management yang dapat melihat data analisis bisnis secara keseluruhan,” ungkap Hafidz.




Baca juga: Update Covid-19 Sulbar 21 Agustus 2020, Bertambah 8 Kasus Positif, Terbanyak di Mamuju

Baca juga: WR 3 UNM Membuka PEN-4 XVII UKM MAPHAN UNM

 

Tentu banyak sekali manfaat dari ERP selain dari case yang disampaikan tersebut. Dalam kesempatan tersebut Hafidz juga menyampaikan contoh kerugian yang dialami perusahaan pengelola pelabuhan peti kemas jika tidak menerapkan ERP.

Yakni pemilik paket akan sulit menemukan lokasi kontainer di pelabuhan yang sangat luas. Jika tidak ada sistem yang mencatat pengelolaan lokasi barang dan perpindahan barangnya, administrasinya pun akan lambat jika tidak menggunakan ERP.

Di akhir acara juga tak lupa Hafidz menyampaikan untuk para pebisnis maupun manager di perusahaan, jika bisnis dapat dipantau hanya dari handphone atau laptop melalui sistem ERP, kenapa masih memakai cara lama yang terkadang cukup merepotkan.

Hafidz juga menawarkan bagi yang tertarik ingin mengimplementasikan sistem ERP di perusahaannya maka dapat berkunjung ke kantor atau mengunjungi website www.idmetafora.com.

Komentar

News Feed