oleh

Ajak Patuhi Protokol Kesehatan, Puskesmas Keang Sosialisasi dan Bagikan Masker

KEANG, LINES.id – Dalam rangka memberikan kesadaran kepada warga masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan, Puskesmas Keang melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan bagi warga yang berada di pasar, Selasa (4/8/2020).

Sebanyak sepuluh petugas kesehatan Puskesmas Keang melakukan sosialisasi di Pasar Keang, Desa Keang, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Nurcahyani STr Keb, selaku koordinator bidan desa memberikan sosialisasi pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti menggunakan masker setiap keluar rumah, sesering mungkin mencuci tangan, dan menjaga jarak,” ucapnya.




Baca juga: Dosen Tetap FAI UMI Nurul Fuadi Meninggal Dunia

Baca juga: Lurah Baros: LDII Konsisten Bangun SDM Profesional Religius

 

Puskesmas Keang
Petugas kesehatan membagikan masker kepada warga yang ada di Pasar.

Usai sosialisasi, para petugas kesehatan membagikan masker kepada warga yang berada di pasar. Masker tersebut merupakan masker dari pemerintah desa setempat yang kemudian dibagikan oleh petugas kesehatan Puskesmas Keang. “Alhamdulillah, masyarakat merespon dengan baik kegiatan kami,” katanya.

Pasar menjadi tempat yang dipilih karena di pasar lah tempatnya orang berkumpul, sehingga masyarakat perlu diingatkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Tempat keramaian lain yang juga diimbau untuk selalu mematuhi protokol kesehatan, antara lain masjid dan gereja.

Sebagai bentuk controlling, Puskesmas Keang akan kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar pada minggu depan. “Mudah-mudahan semua yang ada di pasar sudah memakai masker,” harapnya.




Baca juga: Hujan Deras, Luwu Utara Banjir Lagi

Baca juga: Soal dan Jawaban TVRI Kelas 4-6 SD Rabu, 5 Agustus 2020 Materi Uang dan Kegiatan Jual Beli

 

Desa Keang nol kasus terkonfirmasi

“Alhamdulillah di Desa Keang sejauh ini belum ada kasus konfirmasi dan semoga tidak ada,” harap Nurcahyani.

Untuk itu, sebagai bentuk pencegahan, Puskesmas Keang bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat setempat. Yakni apabila ada warga yang datang dari luar kota supaya melapor kepada petugas kesehatan.

“Kalau ada warga yang datang dari luar kota, kami data, kami kunjungi, dan kami arahkan untuk karantina mandiri. Selain itu juga kami berikan sosialisasi dan edukasi apabila terdapat gejala seperti Covid-19,” kata Nurcahyani.




Baca juga: Plt Gubernur Aceh Tidak Janjikan Sembako untuk Masyarakat Aceh di Malaysia, Ini Alasannya

Baca juga: UMI PTS Peringkat Teratas di Indonesia Timur Versi Webometrics

 

Nurcahyani melanjutkan, seperti halnya kemarin ada warga yang datang dari makassar, kemudian melakukan karantina mandiri di rumah kebun. “Kami lakukan rapid test dan hasilnya negatif,” ucapnya.

Selain itu, sebagai pencegahan penyebaran virus corona, Puskesmas Keang juga mengirimkan surat kepada setiap kepala dusun guna menyampaikan kepada warganya agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, Puskesmas Keang juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di masjid, gereja, warung dan tempat keramaian lainnya bekerjasama dengan pemerintah setempat dan Kepala Dusun.

Komentar

News Feed