oleh

Satgas Covid-19 KNPI Kediri Sosialisasi di Pondok Pesantren LDII

KEDIRI, LINES.id – Satgas Covid-19 Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Kediri langsung melakukan aksi dan serangkaian kegiatan, setelah resmi dikukuhkan. Kali ini, kegiatan difokuskan di lingkungan Pondok Pesantren Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII).

Kegiatan sosialisasi dilakukan di Pondok Pesantren LDII Nurul Huda Al Manshurin, Jalan Waringin No. 101, Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Dzikir Setya Atmaja S STP MH selaku anggota Satgas Covid-19 yang juga sebagai narasumber memberikan sosialisasi dan imbauan kepada pengasuh pondok dan santri. Sosialisasi mengenai protokol kesehatan dari pemerintah dalam rangka menyambut kondisi baru atau new normal.

Ia mengatakan, Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Pondok pesantren harus mengikuti seluruh protokoler yang telah disiapkan oleh pemerintah sebagai langkah mencegah serta meminimalisir penyebaran virus corona.




Baca juga: Bangun Kebersamaan, LDII Timika Kerja Bakti Rutin

Baca juga: Warga LDII Berhasil Panen Kacang Tanah di Lahan Kering, Ini Kisahnya

 

”Dalam penerapanya, tentu perlu penyesuaian yang disebut new normal atau kondisi baru. Dalam kegiatan keseharian, pondok harus membiasakan untuk menjaga jarak aman, menggunakan masker, dan mencuci tangan secara rutin dengan sabun. Tentu, hal-hal dasar seperti ini tidak boleh terputus jika new normal benar-benar diterapkan, baik di ruang publik maupun di lingkungan pesantren,” ucap Dzikir.

Santri tidak pulang kampung

Sementara itu, Fajar salah satu santri yang berasal dari Berau, Kalimantan Utara, mengaku dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh KNPI Kota Kediri menambah informasi seputar corona dan bagaimana harus menyikapinya dengan tidak panik.

”Kehidupan selama di pondok dibatasi oleh pengasuh. Selama ini hanya mendapatkan informasi sedikit dari luar pondok akan perkembangan seputar corona. Meski demikian, kami sudah diberikan paparan dari ustaz secara sekilas, karena lebih mengutamakan kegiatan belajar di pondok,” katanya.




Baca juga: Terima Kunjungan Polres Gunungkidul, Warga LDII Siap Berpartisipasi di Pilkada Serentak

Baca juga: LDII Sulsel Silaturahim dengan Staf Ahli Pangdam XIV Hasanuddin yang Akan Pindah Tugas

 

Sementara itu, KH Munir Yacob S Pdi Pengasuh Pondok Pesantren LDII Nurul Huda Al Manshurin menyampaikan, kebetulan sebelum ramadhan dari pimpinan pondok LDII se-Kediri sepakat dengan imbauan pemerintah. Yakni tidak memulangkan santrinya ke kampung asal. Hal ini, sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus corona kepada santri.

”Kami sangat bersyukur dengan kegiatan sosialisasi dan penjelasan dari Satgas Covid-19 KNPI, kami sangat antusias untuk bekerjasama dalam bidang lainya. Jangan hanya berhenti dengan program yang dilakukan saat ini, namun bisa juga dengan program seputar kegiatan kepemudaan di Kota Kediri,” harapnya.

Komentar

News Feed