oleh

Mengenal Jejak Kurniawan Dwi Yulianto ‘Si Kurus’ Pemain Timnas Indonesia

JAKARTA, LINES.id – Bagi Anda pencinta sepakbola Tanah Air sejak 1990-an, pasti tak asing dengan sosok Kurniawan Dwi Yulianto. Si Kurus –julukan Kurniawan– merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Ketajaman Kurniawan saat berada di muka gawang tak usah diragukan lagi. Terbukti saat membela Tim Nasional Indonesia, Kurniawan sanggup mengoleksi 33 gol hanya dari 59 penampilan. Performa prima juga ditunjukkan pria kelahiran Magelang itu saat bermain di level klub.

Dilansir okezone.com, sepanjang karier profesionalnya yang terbentang dari 1994-2013, Kurniawan tercatat dua kali memenangkan trofi Liga Indonesia. Sebanyak dua trofi itu masing-masing dimenangkan Kurniawan bersama dua klub yang seharusnya bertemu di Liga 1 2020 pekan ini, Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.




Baca juga: Liga Prancis Dijadwalkan Kembali Berlaga 17 Juni

Baca juga: Bergulir Lagi! Ini Dia Jadwal Terbaru MotoGP 2020

 

Di Liga Indonesia 1999-2000, Kurniawan membantu PSM Makassar menjadi juara setelah di final mengalahkan Pupuk Kaltim. Bahkan, Kurniawan berperan besar kala itu dengan mencetak dua gol, sekaligus membawa Juku Eja –julukan PSM– menang 3-2 atas wakil Kalimantan Timur.

Kemudian pada 2004, Kurniawan 28 kali turun membela Persebaya dengan raihan 14 gol. Berkat bantuan dari Kurniawan, Persebaya keluar sebagai kampiun Liga Indonesia 2004 setelah mengoleksi 61 angka dari 34 pertandingan. Koleksi 61 angka sebenarnya sama persis dengan PSM Makassar di tempat kedua, namun Persebaya berhak menjadi juara karena unggul selisih gol.

Setelah memutuskan pensiun pada 2013, ke mana Kurniawan Dwi Yulianto sekarang? Pria 43 tahun itu sudah banting setir dan kini menjadi salah pelatih klub Liga Super Malaysia, Sabah FA.

Komentar

News Feed