oleh

AMSA FK UMI Gelar Silaturrahim dan Amaliah Ramadhan 1441H

MAKASSAR, LINES.id – Silaturrahim dan Amaliah Ramadhan 1441 H yang dilaksanakan Asean Medical Student Association (AMSA) Fakultas Kedokteran UMI berlangsung sukses, Kamis (21/5/2020). Diisi dengan beragam kegiatan, diantaranya pembagian sembako bagi panti asuhan, taushiyah dengan tema “Ibadah di Tengah Pandemi Covid-19” oleh Dr H M Ishaq Shamad MA.

Dilanjutkan Talk Show tentang Covid-19 dengan Narasumber dr Muh Ali Asdar SpP dan dr Achmad Harun Muchsin Sp N. Hadir pimpinan Fakultas Kedokteran UMI sekaligus Pembina AMSA Dr dr H Nasrudin Andi Mappaware SpOG (K), MARS, para Wakil Dekan FK UMI, sejumlah dosen, pengurus AMSA, dan mahasiswa FK UMI.

Dr M Ishaq Shamad dalam taushiyahnya menjelaskan sekarang kita hidup di tengah Global pandemi Covid-19, dan baru tahun ini, kita beribadah di bulan Ramadhan (tarawih, puasa, tadarrus) semua di rumah. Bahkan kuliah, dan silaturrahim hanya bisa dari rumah. Nah, apakah ini mengurangi nilai pahala ibadah, karena kita tidak tarawih di masjid. Atau justru lebih berkualitas ibadahnya, karena bisa lebih khusyu beribadah tanpa gangguan dan dosa, karena pulang tarawih boncengan, colek sana-colek sini, dan seterusnya.

Baca juga: FK UMI Kukuhkan 73 Profesi Dokter dan 9 Pendidikan Dokter Secara Virtual

Baca juga: Dosen Muda FK UMI dr. Hasta Raih Predikat Best Paper IcBMS 2019 di Istanbul Turki

 

Gambaran ibadah di tengah pandemi Covid-19

Dikatakan gambaran senyatanya tentang ibadah di tengah pandemi Covid-19, bahwa ibadah, adalah suatu istilah yang mencakup semua yang Allah cintai dan Allah ridhai. Baik ucapan atau perbuatan, yang lahir (tampak, bisa dilihat) maupun yang batin (tidak tampak, tidak bisa dilihat).” Para ulama menjelaskan ibadah ada dua, yakni ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah.

Ibadah mahdhah, adalah amal dan ucapan yang merupakan jenis ibadah sejak asal penetapannya dari dalil syariat. Contoh sederhana ibadah mahdhah adalah sholat. Ibadah ghairu mahdhah dicirikan dengan ad-diin (urusan agama), sedangkan ibadah ghairu mahdhah disebut juga dengan ad-dunya (urusan duniawi), disebut juga dengan al-‘aadah (adat kebiasaan).

Pahala yang didapat yaitu…

Komentar

News Feed