oleh

Kasus Covid-19 Belum Ada Penurunan, Pemerintah Perlu Siapkan Ketersediaan Pangan

MEDAN, LINES.id – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sudah berlangsung dua bulan. Namun hingga saat ini belum ada gejala yang menunjukkan angka penyebaran yang menurun. Karena itu pemerintah perlu mempersiapkan berbagai hal. Termasuk ketahanan pangan yang merupakan salah satu aspek terdampak Covid-19.

Koordinator Bidang Pertanian dan Kehutanan Dewan Riset Daerah Provinsi Sumut Basyaruddin mengatakan. Pemerintah harus memperhatikan berbagai aspek mulai dari produksi pangan hingga distribusinya.

Hal tersebut disampaikannya saat talkshow Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut di Media Center GTPP Covid-19. Yakni Gedung Pemprov Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (19/5/2020). Menurut Basyaruddin, Covid-19 berdampak pada banyak aspek, termasuk pangan.

Baca juga: Dua RS Rujukan di Medan Sudah Beroperasi Optimal Tangani Pasien Covid-19

Baca juga: Penularan Virus Cukup Tinggi, Pengusaha Diminta Siapkan Thermometer dan Protokol Kesehatan

 

Pemerintah harus menjamin ketersediaan pangan. Dikatakannya, untuk kebutuhan beras saja, Sumut membutuhkan 160 ribu ton per bulan. Jumlah tersebut harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Maka sistem produksi haruslah sangat diperhatikan.

“Jadi disini saya melihat ini harus dilihat secara sistemik. Ada faktor yang menentukan di sistem produksi sana, misalnya kebutuhan pupuk dalam situasi pandemi ini apakah pupuk itu cukup tersedia,” kata Basyaruddin.

Semangat petani menurun…

Komentar

News Feed