oleh

Pesantren Ramadhan Virtual UMI: Meraih Kemenangan

MAKASSAR, LINES.id – Hari ke-24 puasa 1441 H, Interaktif Ramadhan Virtual UMI membahas “Meraih Kemenangan” dengan Narasumber Dr Hj Nurjannah Abna MPd/Kepala Humas UMI. Hadir Host Dr M Ishaq Shamad MA, Muh Ilham MSi, Drs H Abd Hamid Sulaiman MHum, dan Husain Assegaf SAg serta sejumlah mahasiswa dan siswi SLTA, Minggu (17/5/2020).

Dr Hj Nurjannah Abna menjelaskan kemenangan diraih bagi orang yang berpuasa di bulan Ramadhan di masa pandemi Covid-19 ini. Karena kita mampu menahan diri dari lapar, dahaga dan hawa nafsu serta sabar menghadapi musibah. Apakah dengan datangnya nanti idul fitri, kita dapat meraih kemenangan sebagai orang yang beriman dan bertaqwa? Atau apakah kita sudah yakin akan memperoleh ampunan dari dosa yang pernah dilakukan?

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Refleksi dan Muhasabah Diri

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Meraih Taqwa dan Kembali ke Fitrah

 

Selanjutnya, apakah ibadah yang rutin, baik wajib atau sunnah, kita tetap komitmen untuk menjalankannya diluar bulan Ramadhan? Jika semua itu, terjawab dengan baik, maka kesuksesan dapat diraih. Sebab umat Islam yang menang, adalah orang mukmin dalam menjalankan ibadah, masih berkomitmen untuk menjauhi segala maksiat yang mengarahkan kepada dosa.

Orang sukses dan menang, manakala ia sudah mampu menahan diri, dengan menjaga lisan dan perbuatan yang tidak menyinggung orang lain. Demikian pula jika ada orang lain yang menyinggung dirinya, maka akan mudah memaafkannya. “Meraih kemenangan, dengan kembali kepada fitrah, yakni puasa yang dijalankan bukan hanya menahan diri dari lapar dan dahaga. Tetapi ia juga mampu menjaga panca indra dari perbuatan dosa,” jelasnya.

Kemenangan bulan Ramadhan…

Komentar

News Feed