oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Refleksi dan Muhasabah Diri

MAKASSAR, LINES.id – Interaktif Ramadan Virtual UMI membahas “Refleksi dan Muhasabah Diri”. Narasumber Dr H M Ishaq Shamad MA/Ketua Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karakter dan Dakwah UMI, Sabtu (16/5/2020) hari ke 23 Ramadan 1441 H. Hadir Host Dr Hj Nurjannah Abna MPd, bersama Ir H M Nusran MT PhD, Dra Hj Syarifah Raehana MA, serta sejumlah mahasiswa dan siswi SLTA.

Dalam video virtual, M Ishaq Shamad bertanya pernahkah kita melihat wajah di hadapan cermin, apakah wajah ini, adalah wajah yang akan bersinar di dalam surga kelak di akhirat, karena amalan-amalan baik yang dilakukan? Ataukah wajah ini, adalah wajah yang akan terbakar di api neraka Jahanam, karena dosa-dosa yang pernah dilakukan selama ini?

Lihatlah diri masing-masing, lihatlah matamu berapa kali digunakan melihat hal-hal yang melanggar perintah Allah. Bandingkan dengan penggunaan mata untuk membaca Alquran dan melihat tanda-tanda kebesaran Allah Swt. Intinya, lihatlah seluruh panca indra, apakah sudah sanggup menjawab pertanyaan Malaikat Munkar Nakir di dalam kubur kelak?

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Meraih Taqwa dan Kembali ke Fitrah

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Sholat Tarawih di Rumah Saja

 

Karena itu di dalam bulan Ramadan ini, masih ada waktu sepekan untuk banyak bermuhasabah. “Bahkan kalau perlu melaksanakan sholat sunat taubat 2 rakaat, memohon kepada Allah Swt, agar semua dosa dan kesalahan diampuni oleh Allah Swt, ajaknya. Jangan sampai bulan Ramdhan lewat, justru ibadah kita berkurang dibanding bulan Ramadhan yang lalu,” jelasnya. Terpenting melihat diri masing-masing, haasibuu amfusakum qabla antuhaasabuu (hisablah dirimu, sebelum dihisab oleh Allah Swt di akhirat).

Saatnya bermuhasabah…

Komentar

News Feed