oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Meraih Taqwa dan Kembali ke Fitrah

MAKASSAR, LINES.id – Hari ke-22 Pesantren Ramadan Virtual UMI menggunakan aplikasi Zoom, membahas tentang “Meraih Taqwa dan Kembali kepada Fitrah” dengan Narasumber Dr Hj Muli Umiaty Noer M Hum/Direktur Akademi Bahasa Asing UMI, Jumat (15/5/2020). Hadir Host Dr H M Ishaq Shamad MA bersama Syarifah Raehana MA, sejumlah siswa dan mahasiswa.

Dr Muli Umiaty dalam video tausiyahnya menjelaskan tujuan puasa untuk meraih derajat taqwa dan kembali kepada fitrah. Dikatakan puasa menjadi kewajiban bagi setiap orang mukmin, sebagaimana umat terdahulu. Berpuasa sebagai arena mengenal yang ghaib. Allah berfirman dalam Hadis Qudsi, Puasa adalah milik Allah dan Allah akan membalas langsung kepada orang yang berpuasa.

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Sholat Tarawih di Rumah Saja

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Pentingnya Menjaga Kesehatan

 

Selain itu, Rasulullah bersabda banyak orang yang tidak memperoleh pahala dari puasanya, kecuali lapar dan dahaga. Mereka melaksanakan puasa, tetapi belum mempuasakan panca indranya. Selain itu, malam ganjil di sepuluh malam terakhir, disinyalir oleh ulama turunnya lailatul qadr, yang lebih baik dari 1000 bulan. Selanjutnya puncak mujahadah orang beriman, adalah derajat taqwa, dengan penyaksian manusia tentang yang Maha Ghaib. Karena itu, sesungguhnya yang paling mulia disisi Allah, adalah yang paling taqwa, kuncinya.

Host Dr M Ishaq Shamad menambahkan Allah memberikan solusi dari segala macam masalah yang dihadapi manusia. Jika manusia bertaqwa, Allah berfirman “Waman yattaqillaaha yaj’allahu makhraja”. “Artinya barang siapa yang bertaqwa, maka Allah mengeluarkannya dari segala masalah yang dihadapinya,” tambahnya.

Kiat menghadapi masalah…

Komentar

News Feed