oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Sholat Tarawih di Rumah Saja

MAKASSAR, LINES.id – Sholat tarawih di rumah saja sebagai topik Pesantren Ramadan Virtual UMI hari ke-20 bulan Ramadan 1441 H, dengan narasumber Dr H M Akil MH atau Wakil Dekan IV Fakultas Kedokteran UMI, Rabu (13/5/2020). Hadir Host Dr H M Ishaq Shamad MA dan Dr Hj Nurjannah Abna MPd, sejumlah siswi SLTA dan mahasiswa.

Dr M Akil menjelaskan, sholat tarawih di rumah sebagai wujud kepedulian umat Islam kepada sesama, sebagaimana kaidah ushul fiqhi laa dharaarah walaa dhiraarah (jangan mencelakakan diri dan orang lain). “Dengan sholat tarawih di rumah, berarti kita sudah ikut serta menjaga diri dan orang lain untuk tidak tertular virus Covid-19,” jelasnya.

Ditambahkan, walaupun sholat tarawih di rumah, insyaa Allah tidak mengurangi nilai pahala ibadah tarawihnya, dibanding sholat tarawih di masjid. Sebab Allah Maha tahu terhadap kondisi yang dialami hambaNya,” tambahnya.

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Pentingnya Menjaga Kesehatan

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Alquran Sebagai Hudan Linnaas

 

Host Dr M Ishaq Shamad menambahkan kaidah ushul fiqhi merupakan ketentuan-ketentuan dalam pengambilan hukum Islam. Semoga semua peserta dapat melaksanakan tarawih dengan baik. Apalagi malam ini adalah malam ke-21 (malam ganjil), dicurigai oleh ulama untuk turunnya lailatul qadr,” tambahnya.

Salah seorang peserta Herman, mengomentari pentingnya sholat tarawih di rumah, karena memang dianjurkan oleh Pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia. Bahkan ia sendiri sering menjadi imam sholat tarawih di rumahnya.

Banyak peserta yang menjadi…

Komentar

News Feed