oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Pentingnya Menjaga Kesehatan

MAKASSAR, LINES.id – Memasuki puasa ke-19, Pentingnya Menjaga Kesehatan menjadi topik utama yang dibahas pada Pesantren Ramadan Virtual UMI, Selasa sore (12/5/2020). Narasumber adalah Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat UMI Dr Suharni Andi Fachrin SKM MKes dengan Host Dr H M Ishaq Shamad MA dan Dr Hj Nurjannah Abna MPd. Hadir pula sejumlah peserta dari siswa SLTA dan mahasiswa.

Dalam video virtual yang ditayangkan, Dr Suharni menjelaskan bahwa kesehatan sebagai rahmat dari Allah Swt. Tanpa kesehatan, maka manusia tidak dapat melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Menjaga Kesehatan
Peserta Pesantren Ramadan Virtual: Pentingnya Menjaga Kesehatan, Selasa (12/5/2020).

Ada ungkapan yang mengatakan “dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat, sehingga membuat pikiran dan tubuh sehat. Jika memiliki tubuh yang sehat, akan menjadikan manusia bisa berkonsentrasi dengan lebih baik pada saat belajar maupun saat beribadah dan bekerja. “Tubuh yang sehat menyebabkan otak bisa bekerja dengan baik,” jelasnya.

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Alquran Sebagai Hudan Linnaas

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Tanda-tanda dan Cara Meraih Lailatul Qadr

 

Host Dr M Ishaq Shamad menambahkan, disinilah pentingnya puasa yang bisa membuat manusia memiliki kesehatan yang baik. Sebagaimana Rasulullah bersabda “Suumuu Tashihhuu”, artinya berpuasalah supaya kamu sehat. “Puasa yang membuat sehat, adalah puasa yang dilaksanakan dengan penuh semangat, keikhlasan dan kesabaran, sehingga puasa sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi hanya sekedar kewajiban,” paparnya.

Kiat-kiat agar berpuasa…

Komentar

News Feed