oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Alquran Sebagai Hudan Linnaas

MAKASSAR, LINES.id – Alquran sebagai Hudan Linnaas menjadi topik menarik pada Interaktif Ramadan Virtual UMI, Minggu (10/5/2020). Narasumber Dr H M Arfah Shiddiq MA yang juga sebagai salah satu Pengurus Yayasan Wakaf UMI. Hadir pula Host Dr H M Ishaq Shamad MA dan Dr Hj Nurjannah Abna M Pd serta Dosen ABA Burhanuddin SS MSi, serta sejumlah siswa SLTA dan mahasiswa, bahkan ada peserta dari Sorowako.

Dr H M Arfah Shiddiq MA menjelaskan, Alquran memberi petunjuk dalam menapaki kehidupan. Selain itu, Alquran mengemukakan bahwa manusia terdiri dari jasmani dan rohani serta kandungan Alquran tentang janji dan ancaman. Namun, secara keseluruhan kandungan Alquran yakni petunjuk/jalan orang yang lurus (mukmin) dan jalan orang sesat (ingkar).

Pesan Alquran, ingin mengembalikan keimanan orang Islam, ingin membebaskan manusia dari kebodohan dan kemelaratan. Yakni dengan adanya Syariah dan Muamalah, termasuk dalam hal kode etik dalam bermasyarakat. Oleh karena itu, Alquran membawa kita mendapatkan hidayah dari Allah Swt.

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Tanda-tanda dan Cara Meraih Lailatul Qadr

Baca juga: Pesantren Ramadhan Virtual UMI: Hikmah Nuzul Alquran

 

Burhanuddin SS MSi yang juga ASDIR 3 ABA UMI mempertanyakan bagaimana mengajarkan Alquran secara menarik kepada orang lain. “Khususnya kepada tetangga dan bagaimana kemuliaan dan keistimewaan dalam mengajarkan Alquran,” tanyanya. Narasumber Dr H M Arfah Shiddiq MA menjelaskan bahwa Alquran sebagai petunjuk, bukan hanya sekedar dibaca dengan pahala yang besar. Terutama di dalam bulan Ramadan, yakni membaca 1 huruf Alquran bernilai 10 pahala.

Selain itu, dengan memahami…

Komentar

News Feed