oleh

Berat Badan Naik Saat Berpuasa? Cek 7 Kebiasaan Ini

LINES.id – Bulan Ramadhan adalah waktu untuk berpuasa menahan lapar dan haus serta hawa nafsu. Puasa tentu saja membuat jam makanmu menjadi terbatas. Sebenarnya, puasa jika dilakukan dengan benar dapat memberikan dampak yang positif bagi tubuh, salah satunya adalah penurunan berat badan.

Tapi jika kamu sudah berpuasa dan justru mengalami peningkatan berat badan maka kemungkinan besar ada yang salah dari caramu berpuasa. Seperti dilansir dari detikcom dari Al Arabiya, berikut ini 7 kesalahan saat berpuasa yang justru bikin berat badan naik yang perlu kamu tahu.

1. Tidak Memiliki Rencana Diet

Selama bulan Ramadhan, penting juga bagimu untuk mengatur rencana diet atau pola makan, seperti dengan merencanakan makanan apa yang akan kamu makan saat sahur dan berbuka puasa. Apakah kamu akan mengonsumsi makanan yang seimbang, bergizi, dan sehat? Termasuk makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks dan serat seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayur-sayuran, serta daging, ayam, ikan, atau susu yang rendah lemak.

Baca juga: Minuman Hangat Khas Nusantara Ini Cocok Jadi Menu Buka Puasa

Baca juga: Ini Dia Pilihan Minuman Sehat dan Segar saat Berbuka Puasa

 

Selain itu, kamu juga perlu membuat rencana untuk berolahraga sebelum ataupun setelah berbuka puasa. Pastikan juga kamu memiliki waktu tidur yang cukup selama di bulan Ramadhan. Pertimbangkan apakah kamu perlu tidur lebih awal untuk bangun sahur atau tidur larut dan tidur siang sebelum berbuka puasa.

2. Hanya Minum Sedikit saat Berbuka Puasa

Membiarkan tubuhmu tetap terhidrasi adalah kunci utama untuk penurunan berat badan selama puasa. Caranya adalah dengan minum setidaknya delapan gelas air saat kamu sahur atau berbuka puasa. Misalnya, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas di antara iftar dan sahur, dan dua gelas saat sahur.

Minum cukup cairan tidak hanya mencegah kamu mengalami dehidrasi selama puasa, tetapi juga dapat membantu mengendalikan keinginan gula setelah berbuka puasa. Kamu juga perlu membatasi konsumsi kopi atau teh hitam karena itu akan membuat tubuh justru menjadi lebih dehidrasi. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi teh herbal.

Makan berlebihan…

Komentar

News Feed