oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Iman, Kebersihan Sehari-hari dan Dakwah di Rumah Saja

MAKASSAR, LINES.id – Iman, Kebersihan Sehari-hari dan Berdakwah di Rumah Saja menjadi topik menarik pada Pesantren Ramadhan Virtual UMI, Rabu (7/5/2020). Hadir Narasumber Prof drg Dharma Utama PhD Sp Pros (K) yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Gigi UMI. Dr Hj Nurjannah Abna M Pd yang juga Kepala Humas UMI, host Dr M Ishaq Shamad MA. Bersama Dosen PQ Padanglampe H M Yunus Anwar Lc MA dan Hj Andi Hasriani M A serta sejumlah siswa SLTA dan mahasiswa.

Prof Drg H Dharma Utama menjelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dan manusia memiliki hati. Hati manusia harus dijaga kebersihannya dan menjaga kebersihan diri sangat penting. Karena memang kebersihan adalah bagian daripada iman. Kebersihan dalam Islam dikenal dengan Hadas kecil dan hadas besar. “Hadas kecil dibersihkan dengan wudhu, dan hadas besar dibersihkan dengan mandi junub,” jelasnya.

Pesantren Ramadan Virtual
Pesantren Ramadan Virtual UMI “Iman, Kebersihan Sehari-hari dan Berdakwah di Rumah Saja” Rabu (6/5/2020)

Sementara itu Dr Nurjannah Abna menjelaskan perintah berdakwah dijelaskan Allah dalam Q.S An Nahl ayat 125, “Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan cara bijaksana, pelajaran yang baik dan berkomunikasi/debatlah mereka dengan cara yang baik pula”.

Baca juga: Pesantren Ramadan Virtual UMI: Sikap Terhadap IPTEKS dan Menuju Taubat

Baca juga: Konsepsi Pendidikan Karakter Menteri Nadiem Telah Terlaksana di UMI Selama 20 Tahun

 

Dikatakan, di masa Pandemi Covid-19 saat ini, tidak menghentikan jalannya dakwah dan syiar Islam. Oleh karena itu, dakwah dapat dilakukan di rumah saja. “Berdakwah dengan lisan dan tulisan melalui media sosial yang tersedia serta berdakwah bilhal dengan memberikan sumbangan/infak, shadaqah kepada orang-orang yang membutuhkan,” ajaknya.

H M Yunus Anwar Lc MA menambahkan dakwah yang dilakukan di rumah, antara lain dengan salat maupun mengaji secara berjamaah dengan keluarga. Atau bersama kelompok komunitas di WA Group dengan membagi juz Alquran dengan program 1 day 1 juz.

Hal ini disetujui oleh…

Komentar

News Feed