oleh

Pesantren Ramadan Virtual UMI: Sikap Terhadap IPTEKS dan Menuju Taubat

MAKASSAR, LINES.id – Pesantren Ramadan Virtual UMI mengangkat tema “Sikap terhadap IPTEKS dan Menuju Taubat”. Pemateri adalah Dr Ir H Hanafi Ashad MT yang juga Wakil Rektor I UMI dan Dr H Andi Darmawangsa MA yang juga Wakil Dekan II Fakultas Agama Islam UMI, Selasa (5/5/2020). Hadir sebagai host Dr Nurjannah Abna dan Dr M Ishaq Shamad. Peserta terdiri dari siswa SLTA, mahasiswa dan dosen Pencerahan Qalbu Padanglampe UMI.

Dr Ir H Hanafi Ashad MT dalam video taushiyahnya menekankan pentingnya menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan ilmu agama. Sebab IPTEKS tanpa pengetahuan agama, akan menyesatkan umat manusia. “Untuk itu diperlukan kearifan setiap individu yang menguasai IPTEKS agar dapat memberikan manfaat bagi umat manusia,” ajaknya.

Sementara itu, Dr Andi Darmawangsa menjelaskan pentingnya menggunakan bulan Ramadan sebagai sarana untuk memohon ampun kepada Allah Swt. “Sangat merugilah orang yang membiarkan bulan Ramadan pergi tanpa Ia bertaubat kepada Allah Swt, atas segala kesalahan dan dosa-dosanya selama ini,” jelasnya.

Baca juga: 1 Hari Setelah Pendaftaran Dibuka, Ratusan Akun Terdaftar Camaba UMI

Baca juga: Tak Hanya Bagikan APD, Relawan Fakultas Kedokteran UMI Diterjunkan di Perbatasan Makassar

 

Pada sesi tanya jawab, Ustaz Yunus M A mempertanyakan bagaimana menyikapi penggunaan teknologi, misalnya android yang digunakan untuk keburukan dan kemaksiatan. Misalnya seseorang mengupload sesuatu hanya dengan satu kali klik, keburukan/kemaksiatan itu merebak di dunia maya.

Pentingnya ilmu dibarengi…

Komentar

News Feed