oleh

Patuhi Maklumat MUI, LDII Himbau Masyarakat untuk Sementara Waktu Melaksanakan Ibadah di Rumah

POLEWALI MANDAR, LINES.id – Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 14 Tahun 2020. Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 berisi tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Fatwa tersebut sebagai panduan keagamaan bagi masyarakat muslim di Indonesia untuk tetap melakukan ibadah di rumah, sekaligus berkontribusi di dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Berdasarkan Fatwa MUI tersebut dan Pemerintah, MUI Kabupaten Polewali Mandar mengeluarkan Maklumat Nomor 12 Tahun 2020 yang berisi antara lain tidak menyelenggarakan salat jumat dan menggantinya dengan salat zuhur di rumah masing masing. Kedua, tidak menyelenggarakan salat jamaah lima waktu/salat rawatib, Tarwih dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya.

Fatwa MUI
Spanduk pemberitahuan terpasang di masjid binaan LDII di Kabupaten Polman

Sejalan dengan hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Polewali Mandar memasang spanduk di sejumlah masjid binaan LDII di Kabupaten Polman.

Spanduk berisikan pengumuman bahwa untuk sementara waktu tidak melaksanakan salat jumat dan salat berjamaah di masjid.

“Tujuan pemasangan spanduk tersebut dalam rangka melaksanakan himbauan Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan untuk sementara waktu melaksanakan ibadah di rumah. Mengetahui himbauan tersebut, LDII Polman segera menindaklanjuti dengan memasang spanduk pemberitahuan di masjid binaan LDII se Kabupaten Polman,” ucap H Suyono Kasmad, selaku Ketua DPD LDII Kabupaten Polman.

Baca juga: Gandeng TVRI, Mendikbud Inisiasi Program ‘Belajar dari Rumah’ Tayang Mulai Senin

Baca juga: LDII Sumberjo dan Pemerintah Desa Dukung Program Pemerintah Cegah Penyebaran COVID-19

 

MUI Sulbar apresiasi langkah LDII

Lebih lanjut Suyono berharap, wabah virus corona tidak berimbas kepada warga yang ada di lingkungan masjid dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan yang dilakukan LDII mendapat apresiasi dan ucapan terima kasih oleh Komisi Dakwah MUI Provinsi Sulbar Abd Hakim SY Nira yang telah disampaikan Ketua DPW LDII Sulbar Rianto SPdI melalui pesan WhatsApp.

“Hal senada juga disampaikan oleh Camat Wonomulyo H Umbar,” Rianto menambahkan.

Selain melaksanakan Maklumat MUI, DPD LDII Kabupaten Polman juga telah melaksanakan program pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona. Yakni dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan disejumlah sarana ibadah dan fasilitas umum. Bekerjasama dengan pemerintah desa Sumberjo dan forkopimda setempat.

Komentar

News Feed