oleh

LDII Duren Tiga Manfaatkan Ibadah di Rumah dengan Mengaji Online

JAKARTA, LINES.id – Himbauan pemerintah untuk beraktifitas di rumah saja tidak menyurutkan sedikitpun warga LDII untuk terus melakukan kegiatan keagamaan. Hal ini sesuai dengan prinsip utama organisasi masyarakat berbasis dakwah Islam.

Namun praktik kegiatan pun berubah. Banyak warga LDII yang memanfaatkan sarana digital teknologi dengan melakukan pengajian secara online.

Seperti yang diungkap Sandi Ataroka, salah seorang pengurus di PAC LDII wilayah Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

Majelis taklim Baabussalam tempatnya berkegiatan menggelar ngaji online untuk pertama kalinya dengan emanfaatkan aplikasi Zoom Cloud Meetings. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat kekinian untuk melakukan koordinasi pekerjaan secara teleconference atau video conference.

Cara kerja kegiatan video conference ini pun tetap melakukan tatap muka. Namun tanpa harus bertemu dan cukup dari kediamannya masing-masing.

“Alhamdulillah semalam kita bisa menggelar ngaji secara online dengan memanfaatkan teknologi Zoom. Pesertanya mencapai 90 orang dari remaja hingga dewasa,” ungkap Sandi.

Baca juga: Kampus Laksanakan Kuliah Daring, Begini Respon Mahasiswa Psikologi UNM

Baca juga: Geser Anggaran 2 Miliar untuk COVID-19, Ombudsman Apresiasi DPRD Sulbar

 

Meningkatkan pemahaman agama melalui ngaji online
Mengaji online
Pelaksanaan mengaji online melalui aplikasi Zoom

Sementara itu dewan penasehat PAC LDII Duren Tiga, Giyatno dalam kegiatan ngaji online memberikan ceramah kepada warga LDII.

Giyatno menyampaikan bahwa sebagai warga negara yang baik dan untuk kemashalatan umat sudah seharusnya kita mengikuti himbauan pemerintah. Agar tetap berdiam diri di rumah atau social distancing di tengah merebaknya wabah virus Corona Covid-19 ini.

Namun sebagai umat Islam yang memang harus selalu belajar, kegiatan beribadah seperti salat, mengaji juga tetap dilakukan.

“Upaya kita menggelar pengajian online ini untuk tetap membarokahkan waktunya di rumah dengan terus meningkatkan pemahaman agamanya yaitu dengan tetap mengaji, meski saat ini dengan cara online. Semoga ini menjadi manfaat dan ladang pahala kita semua, aamiin,” harapnya.

Ngaji online yang digelar oleh pengurus dan warga PAC LDII Duren Tiga, berjalan lebih kurang satu jam, materi yang disampaikan adalah bacaan dan pengkajian makna Al-Quran Surat An- Nahl oleh Ustaz H Soni.

Komentar

News Feed