oleh

Wujud Toleransi Agama, LDII Manokwari Berpartisipasi dalam Kegiatan Umat Hindu

MANOKWARI, LINES.id – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kabupaten Manokwari melalui satgas kerukunan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Barat mengirimkan tiga orang perwakilan. Untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan Umat Hindu di Manokwari, Minggu (22/3/2020).

Dalam kesempatan ini, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan melakukan peletakan batu pertama pembangunan candi bentar Pura Segara di pesisir Pantai Maripi, Distrik Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari.

Candi bentar merupakan gambaran sebuah toleransi saling mengasihi, menghormati, menghargai. Semua itu harus dimulai dari pribadi, keluarga, agama dan pergaulan.

“Di Papua barat, kasih dalam persaudaraan, persahabatan, pergaulan, telah membawa kita pada capaian toleransi umat beragama terbaik seluruh Indonesia,” ungkap gubernur.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Papua Barat, Ida Bagus Putu Chandi mengatakan, sejak pagi mereka menggelar persembayangan Melasti.

Itu merupakan rangkain acara, termasuk mensunyikan umat, agar bisa lebih hikmat masuk ke acara nyepi, .

“Intinya, bagaimana kita umat bisa melaksanakan kehidupan secara harmonis baik dengan tuhan, alam dan sesama kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PHDI Manokwari yang juga Ketua Panitia, I Wayan Semol mengatakan, sejatinya manusia punya satu bapak karena sama sama yakin keesaan Tuhan.

Ketua DPD LDII Manokwari Soleman Palutungan berharap kegiatan antar umat beragama bisa dijadikan momentum saling mengenal dan menghargai antar umat beragama.

Kehadiran LDII Manokwari mewakili umat Islam bersama organisasi lainya seperti IMM dan HMI yang mewakili Muhamadiyah dan NU.

Komentar

News Feed