oleh

Sinergi LDII-MUI-POLDA Perkuat Dai Sebagai Problem Solver Ditengah Masyarakat

MAKASSAR, LINES.id – Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Polda Sulawesi Selatan, Jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, (10/2/2020).

Kunjungan dalam rangka menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara LDII, Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi Sulawesi Selatan dan Polda Sulawesi Selatan yang menghasilkan rencana pelatihan dai kamtibmas.

Rencananya, pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 19-20 Februari 2020 mendatang. “Peserta pelatihan terdiri dari MUI, dai LDII dan kepolisian,” ucap Asdar Mattiro SSos selaku ketua panitia.

Peran Dai sebagai Problem Solver
Pengurus DPW LDII Sulsel audiensi dengan Polda Sulawesi Selatan, Senin, (10/2/2020)

Setiap warga negara yang cinta tanah air tentu menginginkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap aman, lancar dan terkendali. Begitu pula dai LDII merasa terpanggil untuk ikut serta berkontribusi di tengah-tengah masyarakat.

Sebelum terjun ke masyarakat, dai terlebih dahulu akan dibekali Polri dengan strategi dan teknik dalam mengobati penyakit yang ada di masyarakat.

“Makanya kami berniat untuk membekali dai-dai kami supaya bisa memperbaiki penyakit yang ada di masyarakat. Seperti radikalisme, narkoba, miras dan sejenisnya,” tutur Asdar.

Asdar yang juga wakil ketua DPW LDII Sulsel berharap adanya pelatihan ini dai mempunyai strategi dalam memperbaiki masyarakat. “Masyarakat menjadi lebih baik, lebih terhormat, beretika, cinta kedamaian, ketentraman, keamanan, dan ketertiban,” tambahnya.

Masyarakat menjadi sadar, bahwa tugas memperbaiki bangsa bukan hanya tugas kepolisian dan instansi yang menjadi stakeholder. Masyarakat akan terpanggil menjadikan bangsa ini lebih baik, bermoral, agamis dan religius.

Direktur Binmas Polda Sulsel berpesan, pelatihan dai kamtibmas supaya berjelanjutan setiap tahun dan di daerah-daerah digaungkan. Harapan ke depan, pelatihan dapat dilaksanakan ditingkat kabupaten bekerjasama dengan Polres dan MUI kabupaten.

Rencananya, pelatihan akan dibuka oleh Kapolda Sulawesi Selatan. Turut mengundang pula ketua umum DPP LDII Prof Dr KH Abdullah Syam MSc untuk memberikan sambutan dan ketua DPP LDII Ir H Chriswanto Santoso MSc akan hadir memberikan materi.

Lebih jauh, LDII dan MUI Sulsel juga akan membangun sinergitas dengan mengadakan pelatihan tentang ekonomi syariah dan sertifikasi halal.

Komentar

News Feed