oleh

8 Ucapan Sehari-hari Ini Ajaib Membentuk Karakter Anak

LINES.id – Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitarnya. Anak yang berkarakter santun, ramah dan supel menjadi dambaan setiap orang tua. Namun, untuk mewujudkan hal itu tidak spontan. Perlu waktu, konsisten dan ketelatenan dalam membentuknya.

Mengajarkannya pun tidak harus menunggu anak mengerti. Tetapi ketika anak memasuki usia golden age (0-5 tahun) itu adalah waktu yang tepat.

Berikut 8 ucapan yang dapat diajarkan kepada anak-anak dalam membentuk generasi emas yang berkarakter:

1. Salam

Ajarkan dan biasakan ucapan “Assalamu ‘alaikum” kepada anak agar terbiasa dengan salam yang islami. Setiap masuk rumah, masuk kamar orang tua, ketemu orang lain, ucapannya selalu salam. Ucapan ini membentuk jiwa penuh kedamaian pada diri anak.

2. Dzikir

Biasakan ucapan yang mengandung muatan dzikir kepada Alloh dalam merespon segala sesuatu. Misalnya Astaghfirullah, Subhanallah, Alhamdulillah, Maasyaallah, Insya Allah, Barakallah, dan lain sebagai nya. Hindari ucapan negatif seperti Astaga! Gila! Bego! Dzikir menciptakan karakter taqwa pada diri anak.

3. Tolong

Biasakan anak untuk mengucapkan kata ‘Tolong’ atau “Amal Sholih” setiap ia meminta bantuan kepada orang lain. Jika terbiasa dengan kata ini, akan tumbuh karakter andap ashor, rendah hati dan tidak sombong.

4. Terimakasih

Biasakan mengucapkan kata terima kasih atau “Jazaa Kallohu Khoiro” untuk berbagai hal yang positif, sebagai apresiasi kepada orang lain yang telah memberikan pertolongan bagi dirinya. Anak yang tumbuh dengan menghargai orang lain akan menumbuhkan kebesaran jiwa.

Foto: Ilustrasi orang tua mengajarkan karakter pada anak
5. Maaf

Ajarkan anak untuk mudah meminta maaf walaupun ia tidak melakukan kesalahan. Apalagi jika ia memang melakukan kesalahan. Anak yang terbiasa meminta maaf akan tumbuh sikap empati dan kasih sayang.

6. Iya/Baik

Ajarkan anak untuk mengucapkan kata “iya” atau “siap” sebagai respon dari nasihat atau perintah dari orang tua. Kadang saat ibu atau ayah meminta anak untuk melakukan sesuatu, ia hanya mengangguk atau bahkan diam saja. Ungkapan ini membentuk karakter peduli dan menghargai.

7. Izin/Permisi

Biasakan anak untuk meminta izin dalam berbagai kondisi. Misalnya minta izin untuk menggunakan benda yang bukan miliknya. Hal ini membentuk karakter tertib dan disiplin.

8. InsyaAlloh Bisa

Ajarkan anak berpikir dan bersikap optimis. “InsyaAlloh aku bisa” adalah ungkapan optimis melalui pasrah pada Alloh. Hal ini membuat anak tumbuh dengan percaya diri.

Komentar

News Feed