oleh

10 Ancaman Perbuatan Syirik, Nomor 7 Kebanyakan Orang Tidak Sadari

LINES.id – Syirik merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Lantaran perbuatan tersebut telah menduakan diri-Nya, sehingga Allah SWT memberi ancaman kepada para pelaku syirik.

Syirik merupakan perbuatan dimana orang meyakini bahwa ada selain Allah SWT yang mencipta, memberi rezeki, menghidupkan dan mematikan serta mengetahui perkara gaib.

Selain itu, apabila manusia percaya dengan jimat, atau benda-benda yang dipercaya dapat membawa berkah maupun ramalan, zodiak, serta mempercayai bisikan gaib yang tentunya itu merupakan salah satu perbuatan syirik dan harus dijauhi.

Allah SWT sendiri telah memberi ancaman keras kepada para pelaku syirik. Berikut adalah 10 bahaya dan ancaman dari perbuatan syirik, di antaranya:

1. Menghancurkan Seluruh Amalan

Allah SWT berfirman”Itulah petunjuk Allah yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka menyekutukan Allah niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS.Al-An’am : 88)

2. Hilangnya Rasa Aman di Dunia dan Akhirat

Allah SWT berfirman “Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82)

3. Dosa Syirik Tidak Terampuni

Allah SWT berfirman “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain dosa syirik, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. An Nisa’: 48)

4. Pelaku Syirik Kekal Dalam Neraka

Allah SWT berfirman “Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruknya makhluk.” (QS. Al Bayyinah: 6)

Ilustrasi: Perbuatan syirik
5. Syirik Seburuk-buruk Perbuatan Zhalim dan Seburuk-buruk Dosa

Allah SWT berfirman “Barang siapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar”. (QS. An Nisa’: 48)

6. Sholatnya tidak akan diterima oleh Alloh selama 40 hari atau 40 malam

“Siapa yang mendatangi dukun atau tukang ramal, lalu ia membenarkan apa yang dikatakannya, maka sungguh ia telah kufur kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad.” (HR. Ahmad)

7. Menghapus Amalan yang Terkait dengan Ibadah

Rasulullah SAW bersabda “Maukah kamu kuberitahu tentang sesuatau yang menurutku lebih aku khawatirkan terhadap kalian daripada (fitnah) al-Masih ad-Dajjal? Para sahabat berkata, “Tentu saja”. Beliau bersabda, “Syirik Khafi (syirik tersembunyi), yaitu ketika sesorang berdiri mengerjakan shalat, dia perbagus shalatnya karena mengetahui ada orang lain yang memperhatikannya.“ (HR. Ahmad dalam musnadnya. Dihasankan oleh Syaikh Albani Shahiihul Jami’ no.2604)

8. Allah dan Rasul-Nya Berlepas Diri dari Orang yang Berbuat Syirik

Allah SWT berfirman “Dan (inilah) suatu permakluman dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia pada hari haji akbar bahwa sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya berlepas diri dari orang-orang musyrik.” (QS. At Taubah: 3)

9. Diharamkannya Surga bagi Pelaku Syirik

Allah SWT berfirman “Sesungguhnya orang yang mempersekutukan Allah, maka pasti Allah akan mengharamkan baginya surga dan tempat kembalinya ialah neraka tidalah ada bagi orang-orang yang dholim itu seorang penolong pun.” (QS.Al-Maidah :72 )

10. Doanya Tidak Terkabul

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, hendaknya kalian beramar ma’ruf dan nahi munkar atau jika tidak niscaya Allah akan mengirimkan siksa-NYa dari sisi-Nya kepada kalian, kemudian kalian memohon kepada-Nya namun do’a kalian tidak lagi dikabulkan.” (H.R. At-Tirmidzi).

Komentar

News Feed