oleh

51 Perguruan Tinggi Terjunkan Atlet Rebut Piala Presiden di Kejurnas Pencak Silat UPN Veteran

YOGYAKARTA, LINES.id – Dilansir krjogja.com, sebanyak 341 atlet dari 51 perguruan tinggi di seluruh Indonesia siap berlaga di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Piala Presiden 10 – 14 Februari 2020. Auditorium UPN Veteran Yogyakarta akan menjadi saksi kejuaraan yang mengambil tagline Menumbuhkan Rasa Nasionalisme serta Melestarikan Ragam Budaya Bangsa melalui Pencak Silat.

Wakil Rektor III UPN Veteran Yogyakarta Dr Singgih Saptono mengungkap ada beberapa nomor pertandingan yang akan digelar dari kategori tanding, seni tunggal, seni ganda dan seni beregu baik putra maupun putri. Menurut Singgih, Kejurnas Pencak Silat tersebut terus berusaha dilestarikan sejak 1995 lalu dengan misi melestarikan olahraga pencak silat khususnya di Indonesia.

“Kejuaraan ini sudah diselenggarakan sejak 1995 lalu dan pada awalnya digelar karena minim pertandingan serupa yang mengakomodir seluruh perguruan pencak silat yang ada di lingkungan perguruan tinggi. Sebelumnya kejuaraan dilaksanakan untuk mahasiswa di wilayah DIY dan Jawa Tengah, namun seiring berjalannya waktu kejuaraan meningkat ke level Jawa-Bali hingga pada 2002 menjadi tingkat nasional,” ungkapnya, Jumat, (7/2/2020).

Kejurnas tersebut bakal memperebutkan piala bergengsi salah satunya Piala Bergilir Presiden RI untuk juara umum. Dua tahun lalu tepatnya 2017, piala tersebut jatuh ke tangan Universitas Negeri Jakarta yang menyabet juara umum.

“Di pembukaan pada 10 Februari nanti direncanakan dibuka oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud Prof Nizam. Kejurnas ini diharapkan bisa membangkitkan kembali jiwa nasionalisme, patriotisme, religius-kultural dan humanistik dalam melandasi profesionalisme intelektual mahasiswa guna menghadapi tantangan globalisasi,” ungkapnya lagi.

Persinas ASAD
Atlet Persinas ASAD mewakili Universitas PGRI Palembang mengikuti Kejurnas Pencak Silat di UPN Veteran Yogyakarta

Sementara di Kejurnas kali ini Universitas PGRI Palembang menerjunkan atlet terbaiknya dengan beranggotakan 7 atlet. Empat atlet  berasal dari perguruan Persinas ASAD yang akan mengikuti kategori tanding.

Diantaranya kelas A putra Ulya Abdulloh prodi budidaya perikanan, kelas C putra Faqih Burhanudin prodi FKIP Olahraga, kelas I putra Muhammad Aldi Zulfariza prodi FKIP olahraga dan kelas J putra Putra Hidayana prodi budidaya perikanan.

Belajar pencak silat dinilai penting bagi generasi bangsa. Sebab dengan berlatih pencak silat akan meneruskan dan mempertahankan budaya Indonesia. Setelah kejuaraan ini, atlet persinas ASAD akan terus mengumpulkan prestasi dan berkeinginan menjadi atlet go internasional.

Komentar

News Feed