oleh

UPT Perpustakaan UNM Mengadakan Workshop Penelusuran Referensi

MAKASSAR, LINES.id – UPT Perpustakaan Universitas Negeri Makassar (UNM) melaksanakan Workshop Penelusuran Referensi di Ruang Cinema Mini Gedung Perpustakaan UNM, Kamis (30/1/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengelola jurnal di UNM berjumlah sekitar 100 orang peserta. Hadir sebagai peserta Prof. Dr. M. Najib Bustan, Prof. Dr. Ir. Ilham Thaief, M.M, Dr. Ramly, Dr. Muhammadong, Dr. Muhammad Wijaya, dan beberapa dosen muda. Turut hadir Dr. Sukardi Weda, yang juga Managing Editor XLinguae Journal.

Nara sumber dalam kegiatan workshop ini adalah Handoko Bagaskara, yang juga Licencing Manager Indonesia at Springer Nature dan Prof. Oslan Jumadi, Ph.D yang juga Kepala UPT Perpustakaan UNM.

Peserta Workshop Penelusuran Referensi di Ruang Cinema Mini Gedung Perpustakaan UNM, Kamis (30/1/2020)

Handoko Bagaskara, selaku Licencing Manager Indonesia at Springer Nature mengatakan bahwa output tulisan ilmiah terbanyak selama ini adalah Amerika dan Jepang, dan 5 tahun terakhir ditempati oleh China. Handoko Bagaskara menambahkan bahwa Springer merupakan penerbit jurnal, buku, dan e-book terbesar di dunia dan pemilik jurnal terbanyak dalam berbagai disiplin ilmu.

Dia juga melatih para peserta cara untuk mengakses artikel bereputasi di jurnal-jurnal milik Springer. “Mahasiswa dan dosen UNM tidak perlu lagi keluarkan uang untuk beli buku dengan harga yang sangat fantastis, karena sudah tersedia di perpustakaan UNM secara daring atas kerjasama UPT Perpustakaan UNM dengan Springer Nature,” ucapnya.

Para dosen UNM peserta Workshop Penelusuran Referensi

Prof. Oslan Jumadi, Ph.D dalam pemaparannya menyuguhkan strategi untuk mengakses referensi secara online di laman perpustakaan UNM, baik referensi dari Springer maupun publisher lainnya. Prof. Oslan juga menambahkan bahwa kegiatan workshop ini diadakan untuk menyiapkan referensi yang berkelas dunia secara online. “Untuk dapat menaikkan indeks penulis dan PT, di Sinta, maka publikasilah di jurnal yang bereputasi, seperti pada jurnal-jurnal milik Springer,” tegasnya.

Para peserta antusias mengikuti workshop dan salah satu peserta workshop tersebut yang sangat tekun memperhatikan slide demi slide yang disampaikan oleh para nara sumber dan sesekali memperhatikan laptopnya, adalah Prof. Dr. M. Najib Bustan. Prof. M. Najib Bustan mengatakan Springer Link merupakan media acces publikasi buku dan jurnal global yang luar biasa yang dapat menghadirkan jutaan buku dan jurnal.

Komentar

News Feed